Tafsir Thabari 15 Imam Thabari

 

Tafsir Thabari 15 Imam Thabari

Tafsir Thabari 15

Imam Thabari


Tafsir al-Thabari adalah salah satu karya tafsir terbesar yang telah ditulis oleh Imam al-Thabari (w. 833 M). Ini adalah tafsir komprehensif yang mencakup berbagai aspek asal usul, tafsir, dan sejarah Al-Quran. Karya ini ditulis dalam bahasa Arab dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Karya ini mengkhususkan diri pada penjelasan ayat-ayat Al-Quran, bukan pada interpretasi mereka. Banyak ahli tafsir modern menyebut tafsir al-Thabari sebagai salah satu yang terbaik dari semuanya.


Jilid 15 dari tafsir al-Thabari mencakup surat al-Hujurat sampai surat al-Nahl. Pada jilid ini, Imam al-Thabari menyoroti ayat-ayat yang menjelaskan berbagai prinsip agama dan nilai-nilai moral. Dia juga membahas topik-topik seperti konsep taqwa, kedekatan dengan Allah, dan hikmah dibalik semua hal yang Allah ciptakan. Dalam jilid ini, Imam al-Thabari juga menyoroti beberapa ayat yang menyatakan bahwa Allah selalu melakukan hal yang terbaik untuk hamba-Nya.


Tafsir Thabari adalah salah satu tafsir terpenting dalam ilmu tafsir yang pernah ditulis. Karya ini ditulis oleh Imam Thabari, seorang ahli tafsir kenamaan yang lahir di Khurasan pada abad ke-9. Thabari menyusun tafsirnya dengan menggunakan metode yang berorientasi pada hadits dan riwayat. Karya ini ditulis dalam 30 jilid. Jilid 15 dari tafsir Thabari berisi tafsir ayat-ayat Al-Quran yang terdapat dalam surat An-Nisa, Al-Maidah, Al-An'am, Al-Araf, Al-Anfal, At-Taubah, Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, Al-Hijr dan An-Nahl. Jilid 15 ini juga berisi tafsir ayat-ayat di luar surat tersebut yang berhubungan dengan ajaran-ajaran yang terkandung dalam surat-surat tersebut. Jilid 15 ini membahas berbagai topik, termasuk tafsir ayat tentang hukum-hukum Islam, politik, sosial dan moral. Pembahasan yang diberikan oleh Thabari dalam jilid 15 ini juga mencakup konteks sosial dan budaya saat itu, sehingga karya ini memberikan pengertian yang lebih mendalam tentang Al-Quran.


Tafsir Thabari adalah karya klasik besar yang ditulis oleh seorang ulama Sunni bernama Imam Yaḥyā ibn Sharaf al-Nawawī al-Tha‘labī. Dia menulis tafsir ini pada abad ke-10 Masehi. Tafsir ini berisi komentar Imam Thabari tentang ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Tafsir ini dibagi menjadi 15 jilid. Jilid 15 berisi komentar tentang bagian-bagian Al-Qur'an yaitu: Al-Hujurat, Qaf, Adh-Dhariyat, At-Tur, An-Najm, Al-Qamar, Ar-Rahman, Al-Waqi'ah, Al-Hadid, Al-Mujadilah, Al-Hashr, Al-Mumtahanah, As-Saff, Al-Jumuah dan Al-Munafiqun. Setiap jilid tafsir ini juga mencakup komentar Imam Thabari tentang berbagai hadits yang terkait dengan ayat-ayat Al-Qur'an yang dibahas.

Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Pustaka Azzam

Language:

indonesian

Pages:

959

File:

PDF, 39.63 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tafsir Thabari 15 Imam Thabari"

Posting Komentar