Tafsir Quran 3 (Sunnah Hadits Hadith Hadis) Ibnu Katsir

 

Tafsir Quran 3 (Sunnah Hadits Hadith Hadis) Ibnu Katsir

Tafsir Quran 3 (Sunnah Hadits Hadith Hadis)

Ibnu Katsir


Ibnu Katsir adalah seorang pakar tafsir Al-Quran yang terkenal. Beliau merupakan salah satu dari para ulama terkemuka yang menulis tafsir Al-Quran dalam bentuk Jilid 3. Tafsir ini merupakan salah satu dari tafsir Ibnu Katsir yang paling populer karena dianggap sebagai salah satu yang paling kaya dalam isi dan kedalaman. Tafsir ini berisi komentar Ibnu Katsir terhadap ayat-ayat Al-Quran, termasuk penjelasan tentang makna ayat, asal-usul, konteks dan kesimpulan yang ditarik dari ayat-ayat tersebut. Tafsir ini juga mencakup beberapa hadits dan pendapat para sahabat dan ulama yang berkaitan dengan ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, tafsir ini juga berisi informasi sejarah dan sosial yang berkaitan dengan ayat-ayat Al-Quran, menyediakan contoh-contoh dari kisah para nabi dan sahabat, serta mengupas berbagai aspek akidah dan ibadah. Dengan demikian, tafsir ini menjadi sumber informasi yang kaya untuk para pembaca Al-Quran.


Buku ini juga menyoroti konsep-konsep Islami yang terkait dengan ayat-ayat Quran, seperti hukum-hukum syariah, perintah dan larangan Allah, serta konsep-konsep iman. Buku ini juga membahas berbagai hal, termasuk konsep-konsep alam, sejarah dan sastra. Buku ini mencakup berbagai topik penting, seperti hak asasi manusia, persatuan, keadilan, kemiskinan, dan lainnya.


Ibnu Katsir juga menggunakan beberapa ayat Quran dan Hadits untuk menunjukkan bahwa semua perintah yang disebutkan dalam Al-Quran berasal dari Allah, dan bahwa hal-hal yang diharamkan oleh Allah juga harus dihormati. Selain itu, Ibnu Katsir menggunakan beberapa ayat Quran dan Hadits untuk menunjukkan bahwa Allah tidak akan menerima seorang yang bertindak melawan apa yang diperintahkan-Nya.


Buku ini juga menyampaikan gagasan dan pendapat Ibnu Katsir sendiri tentang topik-topik yang dibahas. Sebagai contoh, Ibnu Katsir menggunakan beberapa ayat Quran dan Hadits untuk menyatakan bahwa Allah akan menghukum orang-orang yang melakukan dosa dan bahwa Allah akan mengampuni mereka yang menyesal.


Buku ini juga menjelaskan berbagai konsep-konsep ajaran Islam, seperti kemuliaan dan kesucian hidup, hak asasi, perdamaian, dan keadilan. Dengan menggunakan beberapa ayat Quran dan Hadits, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa semua ajaran dan perintah Allah harus dipatuhi.


Buku ini menyediakan banyak petunjuk yang berguna bagi para pembaca untuk memahami ajaran Islam dan mempraktekkan ajaran tersebut dalam hidup mereka. Buku ini juga mengajarkan tentang cara bersikap dan bertindak yang benar sesuai dengan ajaran Islam.


Ibnu Katsir adalah seorang sarjana, ahli hadis dan ahli tafsir yang terkenal dari abad ke-8. Ia merupakan salah satu ahli tafsir yang paling terkenal dalam sejarah Islam. Ia menulis tafsir Quran yang dikenal sebagai Tafsir Ibnu Katsir. Tafsir ini memiliki tiga jilid yang mencakup seluruh ayat Al-Quran. Jilid pertama mencakup ayat-ayat pertama sampai ayat ke-67 surah Al-Baqarah. Jilid kedua mencakup ayat-ayat surah Al-Baqarah sampai ayat ke-286 surah Al-Baqarah dan jilid ketiga mencakup ayat-ayat surah Ali Imran sampai ayat ke-114 surah An-Nas. Tafsir Ibnu Katsir banyak menggunakan hadis-hadis untuk menjelaskan ayat-ayat Al-Quran. Ia juga menggunakan pendapat para ahli tafsir lain seperti Ibnu Abbas, Mujahid, Al-Hasan, dan lainnya. Ibnu Katsir juga menjelaskan beberapa istilah dan konsep Islam seperti qiyamah, jannah, dan neraka. Tafsir ini juga sangat bermanfaat bagi para pemahaman Al-Quran.

Categories:

Religion - Islam

Year:

2017

Publisher:

Maghfira Pustaka

Language:

indonesian

Pages:

790

File:

PDF, 58.50 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tafsir Quran 3 (Sunnah Hadits Hadith Hadis) Ibnu Katsir"

Posting Komentar