Tafsir Fathul Qadir 6 Imam Syaukani

 

Tafsir Fathul Qadir 6 Imam Syaukani

Tafsir Fathul Qadir 6

Imam Syaukani


Imam Syaukani adalah seorang ulama yang terkenal dalam bidang tafsir Al-Quran. Tafsir Fathul Qadir yang dikarangnya merupakan salah satu kitab tafsir yang terbaik dan paling komprehensif. Kitab ini menjelaskan secara mendalam tentang ayat-ayat Al-Quran dan menguraikannya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Kitab ini dibagi dalam 6 jilid dan berisi keseluruhan tafsir Al-Quran. Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, sehingga memudahkan para pembaca untuk memahami kandungan tafsirnya. Tafsir Fathul Qadir jilid 6 menjelaskan tentang ayat-ayat Al-Quran yang terdapat di Perjanjian Baru, yang meliputi surah-surah terakhir seperti An-Naml, An-Nuh, Al-Kahfi, Al-Mulk, Al-Qiyamah dan lain-lain. Kitab ini memberikan penjelasan mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan pelbagai topik, seperti kenabian, keimanan, kesyirikan, hukum, etika, hak asasi manusia, akhlak dan lain-lain. Kitab ini juga mengandungi penjelasan mengenai tanda-tanda kiamat, peringatan bagi orang-orang yang melakukan kesalahan, dan nasihat-nasihat yang bermanfaat.


Imam Syaukani dalam kitab tafsirnya, Fathul Qadir Jilid 6, menggunakan metode tafsir yang disebut tafsir al-Maudhu'i. Metode ini mencakup empat langkah:


1. Memberikan penjelasan umum tentang makna ayat Al-Quran secara keseluruhan.


2. Memberikan contoh dari hadits-hadits dan kisah-kisah yang terkait dengan ayat tersebut.


3. Mengkaji makna ayat berdasarkan bahasa Arab dan konteksnya.


4. Membuat analisis dan interpretasi makna ayat berdasarkan kepustakaan yang relevan.


Tafsir Fathul Qadir jilid 6 karya Imam Syaukani ini juga memasukkan pendapat para pakar tafsir lainnya dan menggabungkannya dengan pandangan dan pendapatnya sendiri untuk memberikan sebuah tafsir yang kaya dan komprehensif.


Tafsir Fathul Qadir adalah tafsir karya ulama besar Imam Asy-Syaukani yang disusun dalam enam jilid. Tafsir ini menjelaskan makna-makna ayat-ayat Al-Quran yang berbeda dari interpretasi yang dikemukakan para ulama sebelumnya. Tafsir ini banyak mengandung penjelasan yang mendalam dan hikmah. Imam Asy-Syaukani menyebutkan bahwa tafsir ini merupakan suatu tafsir yang mendasarkan diri pada hadits-hadits sahih dan lafazh-lafazh dari salaf.


Tafsir Fathul Qadir jilid 6 membahas tentang makna ayat-ayat Al-Quran yang terkandung dalam surah-surah Al-Quran, seperti surah Al-An'am, Al-A'raf, Al-Anfal, dan At-Taubah. Tafsir ini memberikan penjelasan yang mendalam dan hikmah tentang makna ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, ia juga menguraikan makna-makna yang terkandung dalam ungkapan-ungkapan Arab dalam Al-Quran. Tafsir ini juga menyelami masalah-masalah teologi dan konsep-konsep aqidah yang berhubungan dengan Al-Quran.


Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Pustaka Azzam

Language:

indonesian

Pages:

995

File:

PDF, 47.92 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tafsir Fathul Qadir 6 Imam Syaukani"

Posting Komentar