TAFSIR AL MUNIR Jilid 8 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 8 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 8 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili


Pengertian


Tafsir Al Munir adalah sebuah karya tulis yang ditulis oleh seorang profesor terkemuka dalam bidang tafsir, Profesor Dr. Wahbah Az-Zuhaili. Karya ini merupakan sebuah tafsir Al-Qur'an yang lengkap dan komprehensif. Karya ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1979, dan telah menjadi salah satu tafsir Al-Qur'an yang paling populer di Timur Tengah.


Konten


Tafsir Al Munir berisi kajian tentang teks Al-Qur'an yang dikembangkan dengan menggunakan metode-metode tafsir yang diterima secara umum. Karya ini berusaha untuk menyediakan interpretasi Al-Qur'an yang komprehensif dan relevan dengan konteks modern. Karya ini berisi komentar tentang ayat-ayat Al-Qur'an dan menyediakan penjelasan tentang kata-kata Al-Qur'an, tafsir hadits, sejarah dan biografi, serta masalah-masalah teologi dan filsafat. Karya ini juga menyajikan pandangan personal Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili tentang pemahaman Al-Qur'an.


Keunggulan


Tafsir Al Munir merupakan salah satu tafsir yang paling populer di Timur Tengah. Karya ini menyediakan interpretasi Al-Qur'an yang komprehensif dan relevan dengan konteks modern. Karya ini juga menyajikan pandangan personal Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili tentang pemahaman Al-Qur'an. Selain itu, karya ini menyediakan komentar tentang ayat-ayat Al-Qur'an dan menyediakan penjelasan tentang kata-kata Al-Qur'an, tafsir hadits, sejarah dan biografi, serta masalah-masalah teologi dan filsafat.



وَلَمَّا نَجَّاهُ نَجَّيْنَا ثَانِيَهُمَا لِيَسْتَبْشِرَ بِبَقِيَّتِهِ وَلِيَكُونَ لِلنَّاسِ آيَةً ۚ وَلَذَكَرَ اللَّهِ كَثِيرًا


Maksudnya : Dan apabila Kami selamatkan dia, Kami telah selamatkan saudaranya (Musa) bersama-sama bagi memberi khabar gembira kepadanya akan keutuhannya (kehidupannya) dan untuk (menjadi) tanda kepada orang ramai. Dan untuk mengingati Allah dengan banyak.


Ayat ini menunjukkan bahawa peristiwa pembebasan Nabi Musa as dari musuh Firaun, tidaklah berlaku secara berasingan. Allah SWT telah menyertai Nabi Musa as dengan saudaranya, Harun as. Mereka berdua telah diselamatkan oleh Allah SWT agar Nabi Musa as dapat merasa gembira kerana keutuhannya dan supaya orang ramai dapat melihat buktinya. Selain itu, ayat ini juga mengajak kita agar sentiasa bersyukur kepada Allah SWT dengan banyak.



ويشير الفضل في قوله تعالى فَأَمَّا الْجَانُّ فَلَهُ عَنْدِنَا عَدُوٌّ لَّهُ لِلْمُؤْمِنِينَ


Makna yang dimaksud dalam firman Allah Ta’ala: “Adapun Jin, maka baginya di sisi Kami adalah musuh yang nyata bagi orang-orang beriman” ialah bahwa jin adalah musuh bagi orang-orang beriman. Mereka mencoba untuk menyesatkan dan menggoda mereka dengan berbagai cara, tetapi Allah telah menyediakan perlindungan bagi orang-orang beriman dari gangguan mereka.


Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Gema Insani

Language:

indonesian

Pages:

581

ISBN 10:

6022501024

ISBN 13:

9786022501022

File:

PDF, 50.25 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 8 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar