TAFSIR AL MUNIR Jilid 7 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 7 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 7 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili



  وَإِذَا مَسَّ الْإِنسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنبِهِ أَوْ قَاعِدًا ۖ ثُمَّ إِذَا خَوَّلْنَاهُ نِعْمَةً مِنَّا مَا كَانَ عَنْهُ ضَرٌّ ۚ



Ayat ini menunjukkan bahwa apabila manusia ditimpa musibah, ia akan berdoa kepada Allah dan Allah akan memberikan pertolongan yang tepat waktu. Dengan demikian, musibah yang ditimpa manusia itu akan berkurang atau bahkan hilang. Ini adalah salah satu nikmat yang disebutkan oleh Allah.


Membawa kabur kesaksian yang menyalahi hak Allah


Ayat ini dimaksudkan untuk mengajarkan kepada kita agar tidak melanggar hak Allah. Yakni hak-Nya untuk diibadahi dan dihormati, hak untuk diikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.


Kemudian Allah mencela sikap orang-orang yang mengingkari-Nya, mengingkari hak-Nya, dan membawa kabur kesaksian mereka yang menyalahi hak-Nya. Mereka tidak mengakui hak Allah dan menolak untuk mengikutinya. Mereka berusaha untuk menutupi kesalahan mereka dan memalsukan kesaksian mereka dengan tujuan untuk menyembunyikan hak-hak Allah.


Allah berfirman dalam ayat ini bahwa Dia akan menyelidiki dan menyingkap setiap kebohongan dan mengungkap kebenaran. Dia akan menghukum orang-orang yang menyalahi hak-Nya dan memberikan balasan yang setimpal atas kesalahan mereka.


Kita harus menghormati hak Allah dan mengakui bahwa Dia memiliki hak untuk diibadahi dan dihormati. Kita harus mengikuti perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kita harus mengungkapkan rasa hormat dan ketaatan kita kepada-Nya dengan segenap hati dan jiwa. Ini adalah jalan menuju keberhasilan abadi.



والسبب لهذا الحظوظ والشكر في الحياة هو التواصل مع الله والإخلاص في العبادة له. فالله يشكر الذين يسعون إليه ويحب أعمالهم الصالحة، ويجزيهم بالعطاء الذي يقدمه لهم، ويعطيهم النعمة والحظوظ من أجل التسليم لله والاستمرار في العبادة له.


Allah menghargai orang-orang yang mencari kepada-Nya dan menyukai amal-amal mereka yang baik, dan membalas mereka dengan pemberian yang diberikan kepada mereka, dan menganugerahkan mereka nikmat dan keberuntungan karena tunduk dan taat kepada-Nya dan terus beribadah kepada-Nya.


Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Gema Insani

Language:

indonesian

Pages:

530

File:

PDF, 51.94 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 7 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar