TAFSIR AL MUNIR Jilid 6 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 6 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 6 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili


Tafsir Munir adalah salah satu tafsir yang paling terkenal dan tepercaya di kalangan ulama. Ini adalah tafsir yang ditulis oleh Profesor Wahbah al-Zuhaili, seorang ahli fiqh dan teks Arab berkebangsaan Syria yang telah menulis lebih dari 30 buku. Tafsir Munir dianggap sebagai salah satu tafsir terbaik karena menggabungkan analisis klasik dengan interpretasi modern. Ini menjelaskan banyak istilah yang berkaitan dengan ajaran Islam dan memberikan penjelasan yang kaya, detail, dan menyeluruh tentang teks-teks Al-Quran. Tafsir Munir jilid 6 fokus pada ayat-ayat yang berasal dari surat Al-Quran yang berbeda. Ayat-ayat tersebut dibagi menjadi bab-bab yang menjelaskan makna ayat-ayat dan menghubungkan ayat-ayat tersebut dengan konteksnya.


Tafsir Munir jilid 6 juga mencakup berbagai informasi penting tentang sejarah Al-Quran, konteks pemahaman, dan cara menafsirkan ayat-ayat. Tafsir ini juga mencakup berbagai tema yang berkaitan dengan Al-Quran, seperti teologi, etika, sosial, politik, dan lainnya. Buku ini juga memberikan pendekatan yang berbeda untuk memahami berbagai ayat Al-Quran. Secara keseluruhan, tafsir ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami Al-Quran dengan lebih mendalam.


Berikut adalah tafsir al-Munir jilid 6 karya Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili. Tafsir al-Munir adalah tafsir yang menyeluruh, yang mencakup seluruh ayat Al-Quran. Berdasarkan metode tasawuf, tafsir ini memfokuskan pada aspek takwil (interpretasi) ayat dan maknanya. Tafsir ini mencakup berbagai topik, seperti fiqh, aqidah, tafsir dan hadis. Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana kita dapat mengambil pelajaran dari ayat-ayat Al-Quran dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga mencakup banyak contoh ayat dan hadis yang dapat membantu memahami isi Al-Quran dengan lebih baik. Tafsir ini ditulis untuk membantu pembaca memahami Al-Quran secara lebih mendalam dan mencari hikmahnya.



وقد نزل الآية في قول الله تعالى:


وَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ


Maksudnya:


Dan jika mereka berpaling, maka katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan Dia-lah Tuhan Yang mempunyai 'Arasy yang agung".


Ayat ini diturunkan untuk memberi kesedaran kepada Nabi Muhammad SAW bahawa Allah itu cukup baginya dan dia perlu bertawakal kepadaNya semata-mata. Dia juga merupakan Tuhan Yang mempunyai 'Arasy yang agung, bermaksud Dia mempunyai ketentuan yang tersendiri, Dia tidak terikat dengan apa yang dilakukan oleh hamba-Nya.


Categories:

Religion - Islam

Volume:

6

Language:

malaysian

ISBN 10:

6022501008

ISBN 13:

9786022501008

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 6 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar