TAFSIR AL MUNIR Jilid 4 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 4 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 4 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili



ابو الصلاح الجوزي


Abū al-Ṣalāḥ al-Jawzī (w. 1212 M/1797 M) adalah seorang sarjana ulama, sejarawan dan ahli hadis dari Mesir. Dia adalah seorang pengikut madzhab Hanbali, namun juga mengambil pengetahuan dari madzhab-madzhab lain. Dia menulis beberapa karya yang terkenal, termasuk Tathkirat al-Ḥuffāẓ, Fath al-Majīd, al-Tawassul wa al-Wasīlah, dan al-Tajrīd.



Sebelumnya, kami telah menjelaskan bahwa ayat ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang memeluk agama Islam harus menyebarkan dakwahnya dan mengajak orang-orang lain untuk mengikuti agama Islam. Dan jika mereka mendapatkan penolakan atau perlawanan dari orang-orang yang mereka mengajak, maka mereka harus bersabar dan menyerah kepada keputusan Allah.


Selain itu, ayat ini juga mengisyaratkan bahwa kita harus bersabar dalam menghadapi penderitaan dan kesulitan yang kita hadapi, karena Allah telah menjanjikan bahwa orang-orang yang bersabar akan diberi balasan yang lebih baik dari Allah. Dan jika kita bersabar, maka Allah akan memberikan kepada kita kekuatan untuk melalui masa sulit itu dan mengajarkan kepada kita cara untuk berbuat yang lebih baik.



Bismillahirrahmanirrahim


الكفرون


Adapun tentang orang-orang kafir, maka Allah ta'ala telah menyifatkan mereka dengan sifat yang buruk, yaitu dengan menggunakan kata-kata yang menggambarkan kejelekan, kejahatan dan kezaliman mereka. Ini untuk mengingatkan hamba-hamba Allah bahwa mereka harus berhati-hati dan jangan terjerumus dalam perbuatan mereka.


Allah ta'ala berfirman,




وَالَّذِينَ كَفَرُوا فَلَهُمْ نَارُ جَهَنَّمَ لَا يُقْضَى عَلَيْهِمْ فَيَمُوتُوا وَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَا ۚ كَذَٰلِكَ نَجْزِي كُلَّ كَفُورٍ


“Dan orang-orang yang kafir, mereka akan mendapatkan api neraka Jahannam. Mereka tidak akan diampuni dari siksa-siksa neraka itu, meskipun mereka mati. Demikianlah Kami membalas orang-orang yang durhaka.” (QS. Al-Fatir: 36)


Juga firman-Nya,




وَالَّذِينَ كَفَرُوا فَلَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ


“Dan orang-orang kafir, mereka akan mendapatkan siksa yang keras. Sedangkan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka akan mendapatkan ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Fatir: 8)


Kata kafir juga digunakan dalam Al-Qur’an untuk menggambarkan orang-orang yang menolak atau mengingkari kebenaran dan keesaan Allah ta'ala.


Allah ta'ala berfirman,



وَالَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ اللَّهِ ۙ وَلِقَاءِهِ ۙ فَسَوْفَ يُعْذِبُهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا ۗ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَاجْرٌ كَرِيمٌ


“Dan orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Allah dan pertemuannya, maka mereka akan diberi siksa yang pedih. Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka akan mendapatkan ampunan dan pahala yang mulia.” (QS. Al-Fatir: 4)


Allah ta'ala juga telah menyebutkan sifat-sifat lain yang dimiliki oleh orang-orang kafir, seperti kekufuran, pendurhakaan, keras hati, dan lain-lain. Ini bertujuan untuk mengingatkan hamba-hamba Allah agar tidak mengikuti mereka dan berhati-hati dari jalan perbuatan mereka.


Allah ta'ala berfirman,



وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ ۗ إِنْ يَمْسَسْكُمْ قَرْحٌ فَقَدْ مَسَّ الْقَوْمَ قَرْحٌ مِثْلُهُ ۗ وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ ۗ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ


“Janganlah kamu lemah dan janganlah kamu bersedih. Kamu adalah orang-orang yang paling tinggi jika kamu orang-orang yang beriman. Jika kamu ditimpa suatu kesusahan, maka sesungguhnya kaum (sebelum kamu) juga telah ditimpa kesusahan yang serupa. Dan Kami berikan antara manusia peluang-peluang (kebaikan) itu. Dan supaya Allah mengetahui orang-orang yang beriman dan mengambil di antara kamu sebagai saksi-saksi (untuk menegakkan kebenaran). Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 153-157)


Oleh karena itu, hamba-hamba Allah harus menjauhi perbuatan-perbuatan yang dibenci oleh Allah dan jangan sampai terjerumus dalam perbuatan-perbuatan yang dimiliki oleh orang-orang kafir.


Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Gema Insani

Language:

indonesian

Pages:

543

ISBN 10:

6022500982

ISBN 13:

9786022500988

File:

PDF, 45.23 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 4 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar