TAFSIR AL MUNIR Jilid 2 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 2 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 2 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili


Hadis yang disebutkan dalam pertanyaan di atas adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yang berbunyi:


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يُحَاسِبُ الْمُسْلِمُ عَلَى ذَنْبِهِ إِلَّا الَّذِي يَغْتَرُّ بِهِ


Artinya:


’’Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: ’’Tidaklah seorang muslim dikenakan hukuman atas dosa-dosanya, kecuali yang dia mempersulit dirinya sendiri dengan melakukannya.’’


Hadis ini menunjukkan bahwa seorang muslim tidak akan dikenakan hukuman atas dosa-dosanya, kecuali jika dia mempersulit dirinya sendiri dengan melakukannya. Ini menunjukkan bahwa seorang muslim harus menghindari dosa dan berusaha untuk menjauhinya. Jika dia melakukan dosa, maka dia harus bertaubat dan berusaha untuk tidak melakukannya lagi. Jika dia tidak melakukan hal ini, maka dia akan dikenakan hukuman. Oleh karena itu, setiap muslim harus berusaha untuk menjauh dari dosa dan berusaha untuk hidup sebagai seorang muslim yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya.



وقوله تعالى: {وَالَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا كُلُّ أُمَّةٍ جَاثِمَةٌ} يقول الإمام الشافعي في فتح الباري: هذه الآية يشير إلى أن الذين كفروا بآيات الله سواء كانوا من اليهود أو النصارى أو المشركين أو غيرهم، فإنهم كلهم سوف يجاثمون يوم القيامة ولن يكون لهم من الخلاص حينئذ.


Imam al-Syafi'i dalam Fathul Bari menyebutkan, ayat ini menunjukkan bahwa semua orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, baik mereka adalah orang Yahudi, Kristen, Musyrik, ataupun lainnya, mereka semua akan dihukum dengan siksa yang sangat pada hari Kiamat dan tidak akan ada jalan keluar bagi mereka di saat itu.


Maka ia menjadi sebab dihukumnya dan dijatuhi hukuman yang sangat keras.


Maksudnya ialah orang yang melakukan zina itu akan dihukum keras, dihukum sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan Allah dalam ayat ini. Yaitu, ia akan dihukum dengan rajam atau hukuman lain yang ditentukan oleh syariat. Dengan demikian, orang yang melakukan zina harus siap menghadapi akibatnya, yaitu dihukum dengan hukuman yang keras.

Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Gema Insani

Language:

indonesian

Pages:

678

ISBN 10:

6022500966

ISBN 13:

9786022500964

File:

PDF, 63.85 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 2 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar