TAFSIR AL MUNIR Jilid 11 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

 

TAFSIR AL MUNIR Jilid 11 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili

TAFSIR AL MUNIR Jilid 11 (Quran)

Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili


Surat Al-Mujadilah Ayat 11


Ayat ini menjelaskan bahwa orang-orang yang beriman harus berpegang teguh pada keteguhan mereka dalam beriman dan bersabar atas segala cobaan dan bencana yang dialami. Mereka juga harus berserah diri kepada Allah dan berdoa untuk pertolongan-Nya. Allah berfirman, “Dan mereka yang beriman dan beramal saleh, mereka berserah diri kepada Allah dengan penuh keyakinan.” Maksud ayat ini adalah bahwa orang yang beriman harus berserah diri kepada Allah dengan penuh keyakinan. Mereka harus meyakini bahwa Allah akan menolong mereka dan memberikan mereka kemenangan. Dengan demikian, mereka harus mengandalkan Allah untuk menolong mereka dan memenangkan mereka.



إِلَّا الْمُسْتَضْعَفِينَ مِنَ الرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ وَالْوِلْدَانِ لَا يَسْتَطِيعُونَ حِيلَةً وَلَا يَهْتَدُونَ سَبِيلاً


Maksudnya: Kecuali orang-orang yang lemah, iaitu lelaki, wanita dan kanak-kanak yang tidak mampu mengambil pelbagai jalan dan tidak mengetahui arah yang betul.


Ayat ini menyebut tentang kaum yang lemah yang melibatkan lelaki, wanita dan kanak-kanak. Kaum yang lemah berkenaan adalah mereka yang mempunyai kelemahan dalam keupayaan memikirkan, membuat keputusan dan menentukan arah yang betul. Mereka ini tidak mampu mengambil pelbagai jalan yang berbeza. Mereka juga tidak mengetahui arah yang betul untuk melakukan sesuatu. Oleh itu, mereka perlukan bantuan dan perlindungan daripada kaum-kaum yang lebih kuat.



وأما الحكم فإنه يختلف بين الطائفتين الشافعية والمالكية


Menurut hukumnya, ada perbedaan pendapat antara kedua madzhab Syafi'i dan Maliki.


ذكر الشافعيون في هذا الموضع أن الخطبة يجوز للمرأة أن تقرأها عند الجنازة لأنه لا يشترط فيها الجلوس ولا السجود ولا الصلاة


Para Imam Syafi'i menyebutkan bahwa seorang perempuan boleh membaca khutbah di majelis pemakaman karena khutbah tidak membutuhkan duduk, sujud, ataupun shalat.


وفي المالكية قال الشعبي أنه لا يجوز للمرأة أن تقرأ الخطبة عند الجنازة ولا عند الزفاف ولا عند الدعوة إلى الخير ولا في غير ذلك


Sementara itu, di madzhab Maliki, Syaibani berkata bahwa seorang perempuan tidak boleh membaca khutbah di majelis pemakaman, perkawinan, dan dalam mengajak kepada kebaikan. Ini berlaku juga untuk hal-hal lainnya.

Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Gema Insani

Language:

indonesian

Pages:

646

ISBN 10:

6022501059

ISBN 13:

9786022501053

File:

PDF, 57.59 MB

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TAFSIR AL MUNIR Jilid 11 (Quran) Pro. Dr. Wahbah az-Zuhaili"

Posting Komentar