SYARAH BULUGHUL MARAM 4 Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam

 

SYARAH BULUGHUL MARAM 4 Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam

SYARAH BULUGHUL MARAM 4

Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam


Bulughul Maram adalah sebuah kitab hadits yang ditulis oleh Imam Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani. Kitab ini mengandung hadits yang dikumpulkan dan disusun berdasarkan bab-bab tertentu. Ini merupakan salah satu dari kitab-kitab hadits yang paling banyak dipelajari dan digunakan oleh para ulama.


Kitab ini ditulis oleh Abdullah bin Abdurrahman Al-Bassam pada tahun 1373 H. Kitab ini mengandung hadits yang dianggap sahih dan disusun berdasarkan bab-bab tertentu. Setiap bab mengandung sejumlah hadits yang berkaitan dengan topik tersebut.


Bulughul Maram terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah Kitab Hadits yang berisi sejumlah hadits yang dipilih oleh Al-Bassam dari sejumlah sumber hadits. Bagian kedua adalah Kitab Fath Al-Bari yang berisi analisis dan penjelasan hadits-hadits yang dipilih oleh Al-Bassam. Al-Bassam juga menambahkan sejumlah penjelasan dan komentar yang berkaitan dengan hadits-hadits tersebut.


Kitab ini sangat penting bagi para ulama yang ingin mempelajari hadits-hadits yang sahih. Para ulama dapat menggunakan kitab ini untuk mengetahui bagaimana hadits-hadits tersebut boleh dan tidak boleh digunakan. Selain itu, kitab ini juga memungkinkan para ulama untuk memahami ajaran-ajaran yang terkandung dalam hadits-hadits tersebut dan mengetahui bagaimana hadits-hadits tersebut dapat digunakan dalam praktik kehidupan sehari-hari.


Bulughul Maram atau "Mulukan Tujuan" adalah sebuah kitab hadits yang ditulis oleh Syaikhul Islam Ibnu Hajar al-Asqalani (1372-1448 H). Kitab ini termasuk salah satu kitab hadits yang paling penting dan populer dalam Islam. Kitab ini berisi hadits yang berkaitan dengan akhlak, adab, dan etika, yang dikumpulkan dari para ulama hadits dan fuqaha. Kitab ini juga terkenal dengan karya Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Bassam yang berjudul "Syarah Bulughul Maram".


Karya ini adalah sebuah komentar sistematis dan berisi penjelasan menyeluruh tentang kitab hadits Bulughul Maram. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Bassam menyelidiki setiap hadits yang ada di dalam kitab ini dan menyajikan penjelasan yang rinci dan akurat tentang makna hadits. Karya ini juga menyajikan analisis kritis yang tepat tentang hadits-hadits yang diselidiki dan memiliki nilai akademik yang sangat tinggi.


Karya ini sangat bermanfaat bagi para peneliti hadits karena karya ini menjelaskan makna tiap hadits dan menjelaskan bagaimana hadits tersebut harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Bassam juga menyertakan berbagai contoh hadits yang berkaitan dengan topik tertentu yang bisa digunakan untuk mendukung dan menguatkan pendapatnya. Karya ini juga sangat berguna bagi para pemula dalam studi hadits karena karya ini berisi banyak penjelasan yang bisa membantu mereka memahami hadits dengan lebih baik.


Bulughul Maram adalah sebuah kitab hadits yang ditulis oleh Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam. Kitab ini berisi hadits yang berkaitan dengan hukum syariah Islam. Kitab ini terdiri dari 4 bab, yaitu:


1. Bab Hukum Syariah: Bab ini membahas tentang hukum syariah Islam, termasuk hukum tentang puasa, zakat, haji, jima’ (pernikahan), dan lainnya.


2. Bab Rituel Ibadah: Bab ini membahas tentang rituel ibadah, seperti shalat, berdzikir, dan lainnya.


3. Bab Akhlaq (Etika): Bab ini membahas tentang akhlak dan akhlaqi, termasuk cara berperilaku yang baik, berbakti kepada orang tua, dan lainnya.


4. Bab Adab (Sopan Santun): Bab ini membahas tentang adab dan sopan santun, termasuk cara bertutur dan berperilaku di hadapan orang lain, sikap jujur, dan lainnya.


Karya ini telah menjadi rujukan bagi para ulama dan pemahaman mereka tentang hukum syariah Islam sejak zaman Rasulullah sampai sekarang. Karya ini juga menjadi rujukan bagi para ulama untuk mengajarkan akhlak dan adab kepada orang lain.

Categories:

Religion - Islam

Publisher:

Pustaka Azzam

Language:

indonesian

Pages:

654

File:

PDF, 29.75 MB

LINK EBOOK PDF

GDrive | OneDrive | Mega | MediaFire | Box | TerraBox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SYARAH BULUGHUL MARAM 4 Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam"

Posting Komentar