Azure Active Directory

Seperti yang kita tahu, akun Azure adalah entitas unik global yang memberi Anda akses ke langganan dan layanan Azure. Lakukan autentikasi akun Anda dengan menggunakan Azure Active Directory (Azure AD). Azure AD adalah penyedia identitas modern yang mendukung banyak protokol autentikasi untuk mengamankan aplikasi dan layanan di cloud.


Pengguna, aplikasi, dan entitas lain yang terdaftar di Azure AD tidak semuanya disatukan ke dalam layanan global tunggal. Azure AD dipartisi menjadi beberapa tenants terpisah. Sebuah “tenant” adalah isolated instance dari layanan Azure Active Directory, yang dimiliki dan dikelola oleh suatu organisasi. Ketika Anda mendaftar untuk berlangganan layanan cloud Microsoft seperti Microsoft Azure, Microsoft Intune, atau Office 365, Azure AD secara otomatis akan dibuat untuk organisasi Anda.


Ketika membahas tentang Azure AD tenant, tidak ada definisi konkret dari “organisasi”. Tenant dapat dimiliki oleh individu, tim, perusahaan, atau kelompok orang yang lain. Tenant biasanya terkait dengan perusahaan. Jika Anda mendaftar untuk Azure dengan alamat email yang tidak terkait dengan tenant yang sudah ada, proses pendaftaran akan mengarahkan Anda pada proses pembuatan tenant.


Azure AD tenant dan subscriptions memiliki relasi one-to-many. Sebuah tenant dapat dikaitkan dengan beberapa langganan Azure, namun setiap langganan hanya terkait dengan satu tenant. Struktur ini memungkinkan organisasi untuk mengelola beberapa langganan dan menetapkan aturan keamanan di semua sumber daya yang tercakup di dalamnya.


Berikut ini adalah gambaran sederhana tentang bagaimana pemilik akun, langganan, tenant, dan sumber daya bekerja sama.

Azure Active Directory

Perhatikan pada gambar di atas. Setiap Azure AD tenant memiliki sebuah pemilik akun. Akun ini adalah akun Azure yang bertanggung jawab untuk penagihan. Anda dapat menambahkan pengguna tambahan ke tenant, hingga mengundang tenant lain untuk mengakses sumber daya dalam subscription.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Azure Active Directory"

Posting Komentar