Arsitektur dan Layanan Azure

Data Center dan Regions

Microsoft Azure terdiri dari beberapa data center yang tersebar di seluruh dunia. Ketika kita memanfaatkan layanan dan sumber daya dari Azure seperti mesin virtual atau database SQL, sebenarnya kita menggunakan perangkat fisik di lokasi ini.

Data center pada Azure dikelompokkan ke dalam regions.


Apa itu region?

Region adalah sebuah wilayah geografis yang terdiri dari satu atau beberapa data center yang berdekatan dan saling terhubung dalam koneksi dengan latensi rendah. Azure mengendalikan sumber daya di setiap region untuk memastikan beban kerja terbagi secara seimbang.

Ketika Anda membuat sumber daya di Azure, maka Anda harus memilih region tempat sumber daya Anda akan digunakan. Beberapa contoh region Azure antara lain Southeast Asia, West US, West Europe, dll. Selengkapnya region Azure dapat Anda lihat pada gambar berikut.


Azure memiliki region yang lebih banyak dibandingkan dengan provider lainnya. Ini memberikan Anda fleksibilitas untuk menghadirkan aplikasi yang lebih dekat dengan pengguna di mana pun mereka berada. Hal ini juga memberikan skalabilitas dan ketersediaan yang lebih baik untuk redudansi dan mempertahankan layanan Anda.


Special Azure regions

Azure memiliki beberapa region khusus yang mungkin ingin Anda gunakan untuk memenuhi syarat kepatuhan dan hukum. Region tersebut antara lain:

  • US DoD Central, US Gov Virginia, US Gov Iowa, dll : Data center Azure yang terisolasi untuk lembaga dan mitra pemerintah AS. Data center ini dioperasikan oleh orang-orang AS yang telah memiliki sertifikasi tertentu.
  • China East, China North, dll : Region ini tersedia melalui kemitraan antara Microsoft dan 21Vianet, di mana Microsoft tidak secara langsung memelihara data center.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arsitektur dan Layanan Azure"

Posting Komentar