Apa itu Azure?


Azure merupakan layanan komputasi awan yang disediakan oleh Microsoft. Saat ini Azure telah memiliki lebih dari 100 layanan dan akan terus bekembang untuk membantu Anda dalam memenuhi tantangan bisnis. Azure memberi Anda kebebasan untuk membangun, mengelola, dan menggunakan aplikasi pada infrastruktur Azure yang tersebar secara global.


Sebelum mempelajari tentang Azure lebih jauh, mari ingat kembali tentang komputasi awan.


Komputasi awan secara singkat adalah penyewaan daya komputasi dan penyimpanan dari data center orang lain melalui internet dengan model pembayaran pay-as-you-go.


Alih-alih memelihara CPU dan penyimpanan pada data center pribadi, kita menyewa layanan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Penyedia cloud-lah yang akan memelihara infrastruktur data center.


Jadi, kenapa kita perlu untuk memindahkan infrastruktur kita ke cloud?


Cloud akan membantu proses pengembangan dan inovasi menjadi sangat cepat. Jika sebelumnya sebuah aplikasi akan merilis versi barunya setiap bulan atau tahun, kini versi baru aplikasi bisa dirilis dalam hitungan minggu, bahkan beberapa versi baru dalam satu hari.


Sebelum ada cloud, kita perlu berinteraksi dengan perangkat server fisik seperti membeli server, melakukan perawatan, mengganti perangkat yang rusak, dsb. Sekarang kita bisa menyiapkan infrastruktur hanya melalui jaringan internet, memungkinkan kita bisa lebih fokus dalam berinovasi dan mengembangkan aplikasi.


Cloud juga dilengkapi dengan perangkat komputasi, penyimpanan, dan jaringan yang hampir tak terbatas; layanan Artificial Intelligence (AI) seperti layanan kognitif dan speech recognition yang membuat aplikasi menjadi semakin cerdas; dan layanan analitik yang memungkinkan Anda memahami data dan mengambil kesimpulan dengan lebih baik.


Azure menyediakan lebih dari 100 layanan cloud untuk membantu memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Sudah banyak perusahaan yang memindahkan aplikasinya dan menjalankan beban kerjanya pada layanan mesin virtual (VM) Azure. Anda bisa mengeksplorasi dan bereksperimen untuk menemukan infrastruktur yang terbaik bagi perusahaan Anda tanpa perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli dan merawat server.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Azure?"

Posting Komentar