Manfaat Komputasi Awan

 

source: talkroute


Ketika menggunakan layanan komputasi awan, kita tidak terikat dengan seluruh layanan yang disediakan oleh cloud provider. Kita bisa hanya menggunakan layanan tertentu yang memang diperlukan, bahkan kita bisa menggunakan layanan beberapa cloud provider sekaligus. Ini memungkinkan kita untuk migrasi ke cloud secara bertahap dan juga membandingkan layanan dan harga setiap provider.

Selain itu, cloud juga menyediakan berbagai manfaat antara lain:


    • Hemat biaya

Cloud umumnya menggunakan model pembayaran pay-as-you-go atau bayar sesuai apa yang kita gunakan. Model ini tentunya akan menghemat biaya dan juga beberapa manfaat seperti:

  1. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar di awal untuk membeli perangkat;
  2. Tidak perlu biaya untuk perawatan dan perbaikan perangkat;
  3. Hanya membayar biaya tambahan ketika ada sumber daya tambahan yang diperlukan;
  4. Tidak perlu membayar lagi untuk sumber daya yang sudah tidak digunakan.

Dengan model ini Anda bisa memprediksi biaya dengan lebih akurat, selain itu Anda juga bisa memantau perkembangan bisnis Anda berdasarkan penggunaan layanan cloud Anda.


    • Skalabilitas

Dengan cloud, Anda bisa menambah atau mengurangi sumber daya yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dengan cepat dan mudah. Komputasi awan juga mendukung vertical scaling dan horizontal scaling.

Vertical scaling atau scaling up adalah proses menambah daya yang ada sebuah server atau layanan komputasi. Misalnya sebuah server dengan CPU 8 core dan 32 GB RAM sudah tidak memadai untuk menjalankan sebuah tugas sehingga perlu ditambah menjadi 16 core dan 64 GB.

Horizontal scaling atau scaling out merupakan proses penambahan server baru menjadi satu unit atau cluster. Sebagai contoh dari 1 server kemudian ditambah 2 server baru untuk menerima request dari pengguna.


    • Elastis

Beban kerja yang diterima oleh server atau website bisa sangat fluktuatif tergantung dengan kondisi perusahaan. Sifat elastis dari cloud memungkinkan server untuk menambah sumber daya komputasi secara dengan cepat ketika traffic yang masuk tinggi. Sebaliknya, saat traffic sudah turun, server bisa menghapus sumber daya tersebut demi efektivitas biaya.

Proses scaling ini bisa dilakukan secara manual maupun otomatis sesuai dengan kondisi tertentu misalnya penggunaan CPU.


    • Terkini

Dengan kita menggunakan cloud, kita bisa lebih fokus dalam pengembangan aplikasi cloud. Sedangkan tugas-tugas terkait pembaruan perangkat lunak dan perangkat keras akan menjadi tugas dari tim IT dari cloud provider.


    • Bisa diandalkan

Ketika menjalankan sebuah bisnis atau aplikasi, maka bisnis dan layanan tersebut harus bisa diakses kapanpun dan di manapun. Untuk mendukung itu, cloud menawarkan layanan backup dan replikasi data. Tujuannya untuk menjaga data tetap aman meskipun terjadi hal seperti kegagalan sistem ataupun bencana alam yang meluluhlantahkan data center. Dengan ini diharapkan pengguna tak akan terdampak meskipun terjadi bencana.


    • Global

Cloud provider biasanya tidak hanya memiliki satu data center saja, namun ada banyak data center yang tersebar di beberapa wilayah di dunia. Ini memungkinkan Anda menghadirkan aplikasi yang dekat dengan pelanggan Anda di manapun mereka berada di seluruh dunia. Selain itu, gunanya adalah untuk mendukung replikasi data dan memastikan layanan terhindar dari berbagai hal tak diinginkan seperti bencana alam.


    • Aman

Jika menggunakan data center sendiri, kita pasti membutuhkan beberapa orang yang memiliki akses untuk masuk ke data center, mengoperasikan server, dsb. Selain itu Anda juga perlu membatasi siapa saja yang bisa terhubung dengan sistem Anda melalui internet.

Cloud provider menyediakan sejumlah kebijakan, teknologi, dan kontrol bagi Anda untuk melindungi data, aplikasi, dan infrastruktur yang Anda kembangkan di cloud dari berbagai potensi ancaman.

Untuk perlindungan secara fisik, cloud provider juga memiliki kebijakan hanya orang-orang tertentu yang memiliki akses untuk masuk ke dalam data center mereka. Tentunya fasilitas tersebut penuh dengan kamera dan penjagaan yang ketat.

 

Economies of scale

Economies of scale adalah sebuah kondisi di mana biaya operasional suatu unit akan menjadi lebih rendah ketika dijalankan pada skala yang lebih besar. Kondisi seperti inilah yang dimanfaatkan oleh cloud provider seperti Microsoft, Google, dan Amazon untuk mendapatkan biaya operasional yang lebih rendah. Itulah kenapa pengguna layanan cloud dapat menggunakan sumber daya komputasi dengan lebih murah.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Komputasi Awan"

Posting Komentar