Komputasi Cloud di AWS

 

source: google


Menurut AWS, cloud computing--di kelas ini kita menyebutnya dengan komputasi cloud--adalah penggunaan sesuai kebutuhan (on-demand) sumber daya IT melalui internet dengan harga sesuai pemakaian (pay-as-you-go) [3]. Mari kita uraikan definisi tersebut.


Penggunaan sesuai kebutuhan, ini menunjukkan bahwa AWS memiliki sumber daya yang Anda butuhkan kapan pun dan di mana pun. Tak perlu memberi tahu AWS kapan Anda akan membutuhkannya.

Jika tiba-tiba Anda membutuhkan 300 server virtual, lakukan beberapa klik saja dan mereka pun akan langsung tersedia.


Demikian pula ketika Anda membutuhkan penyimpanan sebesar 2000 terabyte misalnya, silakan gunakan penyimpanan tersebut sesuai kebutuhan. Saat tidak membutuhkannya lagi, klik untuk melepasnya. Semudah itu. Fleksibilitas semacam ini tak mungkin Anda dapatkan di data center on-premise (lokal).


Sumber daya IT sebenarnya adalah bagian besar dari filosofi AWS. AWS memiliki ratusan layanan unggulan. Mengapa begitu banyak? Jawabannya sangat sederhana: karena bisnis membutuhkannya. Di AWS pun ada beberapa sumber daya IT yang sudah umum digunakan di sejumlah perusahaan.

Contohnya begini. Anggaplah Anda menggunakan database (basis data) MySQL di perusahaan tempat Anda bekerja.


Apakah kemampuan untuk menginstal mesin MySQL membuat perusahaan Anda menjadi lebih bersaing daripada kompetitor? Mungkin tidak.


Apakah dengan menyimpan backup (cadangan) membuat perusahaan Anda lebih unggul dari perusahaan lain? Sekali lagi, diragukan.


Data di dalam database, cara membangun tabel, dan mengelola strukturnya itulah yang membuat perusahaan Anda menjadi pembeda di antara pesaing yang lain.


Di AWS, hal semacam itu disebut undifferentiated heavy lifting (semua proses kerja yang tidak menambah nilai bagi perusahaan) dari IT. Proses kerja IT yang umum--seperti instalasi OS, pembaruan perangkat lunak, dll--seringkali dilakukan secara repetitif dan akhirnya memakan waktu.

Nah, hadirlah AWS untuk membantu Anda menangani hal-hal semacam itu. Jadi, Anda bisa fokus pada bisnis perusahaan Anda.


Melalui internet, ini menyiratkan bahwa Anda dapat mengakses sumber daya tersebut--yang telah dipaparkan sebelumnya--menggunakan web browser atau secara terprogram.

Tak perlu kontrak apa pun, cukup bayar dengan mekanisme pay-as-you-go (sesuai pemakaian). Sama halnya seperti skenario kedai kopi kita. Anda tak perlu mempekerjakan banyak pegawai terus-menerus, cukup di waktu jam sibuk saja. Bahkan di waktu malam hingga pagi, Anda tak butuh pegawai sama sekali karena kedai kopi tutup. Itulah cloud computing alias komputasi cloud.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komputasi Cloud di AWS"

Posting Komentar