Elastic Load Balancing AWS

 

source: hostseo


AWS memiliki layanan load balancer yang berkinerja tinggi, hemat biaya, highly available (sangat tersedia), dan dapat diskalakan secara otomatis. Tak usah Anda menginstal, mengelola, memperbarui, melakukan scaling, menangani kegagalan, dan ketersediaan layanannya. AWS yang mengurus itu semua.

Perkenalkan Elastic Load Balancing (ELB), yaitu layanan AWS yang secara otomatis mendistribusikan traffic aplikasi yang masuk ke berbagai sumber daya, seperti Amazon EC2 instance.

Elastic Load Balancing merupakan salah satu layanan terkelola pertama yang akan kita telaah dalam kelas ini. Layanan ini dirancang untuk mengatasi undifferentiated heavy lifting--telah kita bahas di modul 1--dari load balancing.

Sebagai permulaan, Elastic Load Balancing adalah regional construct (konstruksi regional). Ini berarti ELB berjalan di tingkat Region, bukan pada individu EC2 instance sehingga membuatnya highly available secara otomatis.

ELB dapat diskalakan secara otomatis sehingga mampu menangani kepadatan traffic tanpa berdampak pada biaya per jamnya. Elastic Load Balancing dapat bekerja sama dengan Amazon EC2 Auto Scaling untuk membantu memastikan aplikasi yang berjalan di Amazon EC2 dapat memberikan kinerja dan ketersediaan tinggi.

Mari kita ilustrasikan penggunaan ELB yang berkolaborasi bersama layanan Amazon EC2 Auto Scaling dalam menangani traffic.

source: avinetworks


Anggaplah di suatu pagi aplikasi Anda memiliki traffic yang normal. Lalu di siang hari, Anda mengadakan promo flash sale secara besar-besaran di aplikasi bisnis Anda, tak lama kemudian lalu lintas pun semakin meningkat.

Saat traffic membanjiri aplikasi Anda, EC2 instance akan melakukan scaling out. Saat instance siap, Amazon EC2 Auto Scaling akan memberi tahu Elastic Load Balancing bahwa ia siap untuk menangani traffic.

Katakanlah malam tiba dan promo flash sale pun berakhir. Ini membuat traffic pada aplikasi Anda semakin berkurang sehingga Amazon EC2 Auto Scaling harus melakukan scaling in. Artinya, ada beberapa EC2 instance yang akan diakhiri.

Tapi sebelum itu, ELB akan berhenti mengirimkan traffic kepada instance yang akan diakhiri tersebut dan menunggu hingga permintaan selesai ditangani. Setelah selesai, barulah Amazon EC2 Auto Scaling bisa mengakhiri instance tanpa mengganggu aktivitas pelanggan yang ada.

Selain untuk lalu lintas eksternal, Anda juga bisa menggunakan ELB untuk traffic di dalam arsitektur AWS. Mari kita lihat ilustrasikan bagaimana ELB berperan menangani komunikasi untuk setiap instance di antara bidang pemesanan dan produksi.

source: google


Sebelum menggunakan ELB, setiap instance di bidang pemesanan mengetahui seluruh instance produksi. Jadi, jika ada instance baru di bidang produksi, dia harus memberi tahu semua instance pemesanan bahwa sekarang dirinya dapat menerima traffic. Huh! Ini cukup rumit ya walau hanya ada 4 instance.

Sekarang bayangkan jika Anda memiliki ratusan instance di kedua bidang tersebut. Ampun! Tak sanggup lagi Anda bayangkan akan betapa kacaunya. Dengan kompleksitas seperti itu, mustahil rasanya membuat mereka tetap terhubung secara efisien.

Nah, di momen inilah ELB hadir memberikan solusi terbaik sehingga sekarang kita bisa menuntaskan kekacauan traffic pada bidang produksi. Mari kita pecahkan!

source: google


Kita telah menyinggung di awal bahwa ELB bersifat regional. Ini membuat setiap instance di bidang pemesanan dapat menggunakan satu URL saja dan ELB pun akan mengarahkannya ke instance produksi yang memiliki permintaan paling sedikit.

Lantas, bagaimana jika ada instance baru di bidang produksi? Mudah. Instance tersebut cukup memberi tahu ELB bahwa dirinya siap menerima traffic. Instance di bidang pemesanan tak perlu tahu dan tak akan peduli ada berapa banyak instance yang berjalan di bidang produksi. Sekali lagi, inilah yang dinamakan decoupled architecture (arsitektur yang terpisah).

Ada lebih banyak lagi hal yang dapat dilakukan oleh ELB yang nanti akan kita pelajari. Kesimpulannya, pilihlah layanan yang tepat untuk tugas yang tepat. Itulah salah satu alasan mengapa AWS menawarkan begitu banyak layanan yang beragam.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Elastic Load Balancing AWS"

Posting Komentar