Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis di blogger atau blogspot untuk Custom Domain

Kabar gembira buat sobat yang memiliki blog berdomain Custom, atau biasa disebut domain TLD. Bahwa Blogger sudah mendukung Sertifikat SSL atau biasa diketahui HTTPS untuk Custom Domain.

Dalam perkembangan sistem keamanan yang telah dilakukan pihak Google, kali ini beliau telah meluncurkan salah satu program baru yakni adanya fitur HTTPS di dalam pengaturan blogspot melalui blogger.

Dukungan sertifikat SSL ini sebenarnya belum diberitahu secara resmi di situs officialnya, tetapi saya masuk ke pengaturan basic, sudah ada pengaturannya yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Sebenarnya tidak pas juga ketika ane bilang baru, karena memang sistem ini sudah berjalan beberapa waktu.

Namun saya mengira banyak juga rekan-rekan yang belum memanfa'atkan tools ini. Ya mungkin karena kurang begitu update terkait algoritma sistem keamanan Google aja. Disaat ramainya diperbincangkan, pengaturan tersebut kembali di sembunyikan. Entah maksud dari pihak blogger untuk menyembunyikannya karena apa, apa masih dalam tahap percobaan atau alasan lainnya.

Selain hal itu, kemungkinan juga karena belum sepenunya faham dan mengerti antara HTPPS atau sertifikat SSL. Fungsi kerjanya adalah:

 Semua data yang diterima dan dikirim dari setiap aktivitas yang kita lakukan atau orang lain sebagai transmiter (pengirim data) akan diproses melalui tahap enkripsi dengan tujuan untuk meningkatkan filterisasi optimal untuk keamanan situs yang kita kelola

Disadari atau tidak, sebenarnya fitur HTTPS ini lebih cocok digunakan oleh website yang memanfa'atkan fitur media online, sehingga segala aktifitas clien terhadap admin, privacy nya akan terjaga dan aman dari incaran orang yang tidak bertanggungjawab.

Dengan adanya latar belakang tersebut, lalu apakah blog atau situs kita yang masih berplatform dengan sang induk Google perlu melakukan pengaturan setting terhadap HTTPS ini?

Manfaat Setting HTPPS terhadap Blog atau Website

Jika merjuk pada sistem kerja yang dilakukan tools ini, secara ringkas ada tiga manfaat penting ketika kita menggunakan fitur HTTPS dibangingkan hanya menggunakan HTTP, diantaranya:

  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung Anda membuka situs yang benar dan tidak dialihkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada penyerang yang mencoba mengubah data yang dikirim oleh Blogger ke pengunjung.
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit bagi orang lain untuk mendengarkan percakapan pengunjung Anda, melacak aktivitas, atau mencuri informasi mereka.

Bila HTTPS diaktifkan, pengunjung dapat mengakses versi yang dienkripsi dari blog Anda dengan mengetikkan https://blog-anda.blogspot.com.

Namun demikian, fitur HTTPS ini masih belum bisa dinikmati oleh blog yang sudah di custom domain alias sudah berdomain pribadi, misalnya saja situs ini. Dengan sangat berat hati ya itulah faktanya. ketika saya coba aktifkan, di dalam dashboard blogger sudah ada keterangannya.

Namun jika sobat berupaya untuk mencoba menikmati layanan ini di situs custom domain, tidak jadi masalah, yang terpenting kita harus "bayar" brow, yakni dengan membeli sertifikat sendiri.

Hemat kata, silakan gunakan fitur ini terhadap situs blog Sobat. Mumpung masih gratis dan gak bayar. Selain mencoba hal penting, namun juga tidak berimbas buruk pada situs blog kita, malah hal itu menjadi lebih ptotect dan aman bagi keberlangungan kedepannya.

Tetapi, sebenarnya masih bisa diaktifkan gan, cara nya ini dengan memanfaatkan melalui url. Jka sobat mau mengaktifkannya bisa mengikuti intruksi ini.

1. Mengaktifkan HTTPS (SSL)

Login, dan rubah url / link blog www.blogger.com/dudududu menjadi draft.blogger.com/dudududu, dan Tekan Enter.

Masuk ke menu Setelan → Dasar → Bagian HTTPS di Ketersediaan HTTPS rubah menjadi Ya.


Tunggu sampai 10 menit atau bahkan lebih, lalu Refresh (F5) pada browser, hingga pengaturan Pengalihan HTTPS tidak disable, jika sudah tidak disable rubah menjadi Ya.




2. Mengubah semua URL pada Template Blog

Selanjutnya kita masuk ke tahapan mengubah url awalan pada template blog HTTP: menjadi HTTPS: Masuk ke Menu Tema → Edit HTML

Cari setiap url yang berawalan HTTP: lalu rubah menjadi HTTPS: untuk memudahkan pencarian tekan kombinasi CTRL+F pada keyboards, jangan lupa jika sudah diubah Klik Simpan Teman

3. Daftar ulang properti url blog di Google Webmaster

Lakukan pendaftar ulang alamat blog di Google Webmaster / Google Search Concole dan juga membuat sitemapnya, Jangan lupa saat pendaftaran alamat url diawalin  dengan https:


4. Efek sesudah mengaktifkan SSL (HTTPS)

Jika semua langkah diatas sudah selesai dilakukan, maka tahap pengaktifkan SSL ini sudah selesai. Agan bisa memeriksanya saat mengunjungi blog. Disamping kiri url, jika ada lambang gembok dan bertulisan secure berwarna hijau, maka SSL aktif dan berhasil.

Bicara dari efek dari pengaturan ini tentu akan ada efek sampingnya, seperti jumlah visitor dan pendapatan adsense menurun (iklan tidak muncul).

Tapi agan jangan khawatir karena ini hanya dalam tahap proses pengalihan, biasanya memerlukan 1-3 hari. Karena mesin pencarian google membutuhkan perayapan ulang url baru blog agan.


5. Mengatasi iklan asense yang kadang tidak muncul

Mungkin ini bisa agan gunakan, jika iklan tidak muncul saat sesusah mengaktifkan SSL. dengan merubah atau mengaktifkan robot.txt

Pergi ke Setelan   Preferensi Penelusuran   Bagian robot.txt khusus pilih edit.

Isi dengan mengikuti teks berikut.

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://urlblogsobat/sitemap.xml
Jika sebelumnya agan sudah mengisi robot.txt mengikuti sumber refrensi lainnya, tinggal diganti seperti punya saya.

Sampai disini saja Tutorial Cara Mengaktifkan HTTPS di blogger atau blogspot untuk Custom Domain dari saya, jika agan masih ada merasa kurang mengerti pada langkah - langkah diatas, bisa menanyakan ke saya melalui kolom komentar dibawah, atau jika ada pertanyaan yang bersifat privasi juga bisa melalui kontak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan HTTPS Gratis di blogger atau blogspot untuk Custom Domain"

Posting Komentar