Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot


Di awal tahun 2018 ini, sepertinya google melakukan penambahan besar - besaran di berbagai fitur plaform blog miliknya yang bernama blogger atau blogspot.

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bahwa google memberikan layanan SSL (HTTPS) gratis untuk pada blogger yang berdomain custom pada blogger miliknya.

Kini ada fitur baru bernama Ads.txt, sebenarnya pada akhir bulan tahun sebelumnya isu ini sudah diketahui, dan akhirnya pada awal tahun di 2018 ini sudah disedikan oleh google.

Setelah kemarin aplikasi mesin pencari Google memperkenalkan Search Console versi Beta, kini Google menambahkan Ads.txt di Blogger.


Apa itu Ads.txt?

Ads.txt adalah sebuah inisiatif dari Interactive Advertising Bureau Tech Lab (IAB) untuk mempromosikan dan meningkatkan transparansi dalam periklanan program. Ini adalah cara mudah bagi penayang Adsense untuk menunjukan dengan jelas kepada pembeli yang diberikan kewenangan untuk menjual investaris mereka.

Lalu menurut situs resmi nya Ads.txt adalah inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Singkatnya seperti ini bisa di analogikan, ada berbagai macam penyedia iklan yang banyak sekali selain Google Adsense, contohnya media.net (milik microsoft).

Lalu kita ingin memasang iklan pada blog atau website kita hanya Google Adsense, nah dengan adanya Ads.txt kita bisa memiliki otoritas iklan mana saja yang boleh dipasang. Penggunaan Ads.txt tidak wajib, namun direkomendasikan khusus untuk pengguna Google Adsense.



Cara mengaktifkan Ads.txt pada Blogger atau Blogspot

Untuk mengaktifkan Ads.txt pada Blogger, sobat bisa mengaturnya langsung di Dasbor Blogger Setelan Preferensi Penulusuran Monetisasi Ads.txt Kustom

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ganti pub-000000000000 dengan ID Adsense sobat kemudian klik  Simpan perubahan.

ID Adsemse bisa didapatkan di Dasbor Google Adsense sobat seperti contoh dibawah ini :


Untuk mengecek apakah Ads.txt sudah aktif, sobat bisa cek ke tab pencarian browser dengan link seperti ini

http://www.nama_domain.com/ads.txt

Ganti nama_domain dengan alamat blog sobat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger atau Blogspot"

Posting Komentar