Tutorial Belajar Skup Variabel pada Fungsi di PHP

Di dalam PHP dikenal adanya skup variabel local dan global. Ketika kita membuat sebuah variabel di dalam fungsi, maka skup variabel tersebut adalah local yang berarti hanya dapat diakses di dalam fungsi tersebut.

function cetakPesan(){


$pesan = "Halo Coder!";

echo $pesan;
}


echo $pesan;

Pada contoh kode di atas, variabel $pesanterdapat di dalam fungsi dan hanya dapat digunakan di dalam fungsi. Kode echo $pesan;yang ada di luar fungsi akan menghasilkan error pada program.
Begitu pula sebaliknya, variabel yang ada di luar fungsi pada dasarnya tidak dapat diakses dari dalam fungsi.

$pesan = "Halo Coder!";


function cetakPesan(){

}


echo $pesan;

Pada contoh kode di atas baris kode echo $pesan; yang ada di dalam fungsi tidak akan menghasilkan apapun (riilnya akan menampilkan pesan error) karena variabel $pesan di dalam fungsi adalah variabel baru yang skupnya lokal dan bukan variabel yang ada di luar fungsi.

Keyword global

Meski demikian, dalam beberapa kasus mungkin kita sangat harus mengakses variabel skup global dari dalam fungsi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci global.

$message = "Toni";



function cetakPesan(){

global $message;

echo "Halo, " . $message . "!";


}

Pada kode di atas, blok kode pada fungsi cetakPesan() menggunakan variabel $messageyang berasal dari luar fungsi dengan terlebih dahulu mendeklarasikan global $message;sehingga variabel tersebut dapat digunakan dan dipengaruhi dari dalam fungsi.

PRAKTEK

  • Pada editor terdapat kode berisi sebuah fungsi untuk mengkuadratkan nilai dari variabel $x. Pada baris ke-9 dan 11 kita mencetak nilai variabel $x sebelum dan sesudah dikuadratkan. Jalankan program dan lihat output apa yang muncul.
  • Nampaknya nilai $x sebelum dan sesudah dikuadratkan masih sama. Itu terjadi karena variabel $x masih belum bisa diakses di dalam fungsi kuadrat(). Tambahkan keyword global untuk variabel $x di dalam fungsi kuadrat(), pada baris ke-4 tambahkan baris baru untuk menulis kode global $x;. Lalu jalankan kembali program.

<?php

function kuadrat(){
    $x *= $x;
}

$x = 5;
echo "sebelum dikuadratkan: $x <br>";
kuadrat();
echo "setelah dikuadratkan: $x <br>";



Hasilnya:

sebelum dikuadratkan: 5 
PHP Notice: Undefined variable: x in /tmp/php/7bojD/index.php on line 4 PHP Notice: Undefined variable: x in /tmp/php/7bojD/index.php on line 4 setelah dikuadratkan: 5 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar Skup Variabel pada Fungsi di PHP"

Posting Komentar