Tutorial Belajar Membuat Fungsi di PHP



PHP sudah menyediakan lebih dari 1000 fungsi untuk operasi umum yang dapat kita gunakan. Daftar fungsi yang dimiliki PHP beserta pengelompokannya dapat diakses pada url http://php.net/manual/en/funcref.php.
Selain fungsi yang sudah disediakan, kita juga dapat membuat fungsi sendiri untuk kebutuhan yang lebih spesifik pada aplikasi kita. Berikut adalah sintaks untuk mendeklarasikan fungsi:

function namafungsi() {

// blok kode fungsi

}

Membuat fungsi diawali dengan kata kunci function diikuti nama fungsinya dan kurung buka dan kurung tutup. Kemudian blok kode fungsi ditulis di dalam kurung kurawal. Nama fungsi bersifat case sensitive.

function cetakPesan() {

echo "Halo Coder!";

}

Pada contoh di atas kita membuat fungsi dengan nama cetakPesan(). Fungsi tersebut memiliki satu buah baris kode di dalamnya, yakni mencetak teks bertuliskan "Halo Coder!". Blok kode di dalam fungsi tidak akan dijalankan sampai fungsi tersebut dipanggil. Cara memanggil fungsi adalah dengan menuliskan nama fungsinya diikuti oleh kurung buka dan kurung tutup.
cetakPesan();

PRAKTEK

  • Pada editor, buatlah sebuah fungsi dengan nama greetings(). Di dalam fungsi tersebut tuliskan kode untuk mencetak pesan bertuliskan "Selamat belajar PHP!".
  • Di baris selanjutnya di luar fungsi, panggil fungsi tersebut dengan menuliskan nama fungsinya greetings();. Jalankan program dan cek apakah kodemu sudah berhasil menampilkan output.

<?php

// buat fungsi dibawah ini

// panggil fungsi di bawah ini



Hasilnya:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar Membuat Fungsi di PHP"

Posting Komentar