Tutorial Belajar Array Multidimensi di PHP


Kita dapat mengisi elemen array dengan nilai bertipe array lagi. Ini dikenal dengan array bersarang atau array multidimensi. Kedalaman array bersarang pada dasarnya tidak terbatas.

$herbivora = array('kambing', 'sapi');


$karnivora = array('harimau', 'serigala');

$omnivora = array('ayam', 'monyet');


$binatang = array($herbivora, $karnivora, $omnivora);

Pada contoh di atas, kita memiliki tiga buah variabel berisi array, yakni $herbivora$karnivora dan $omnivora. Kemudian ketiga variabel tersebut kita simpan di dalam satu variabel array $binatang. Dengan demikian variabel $binatang adalah variabel dengan nilai bertipe array bersarang (berdimensi dua).

PRAKTEK

Jalankan kode yang ada di editor. Pada kolom output klik tab Plain Text. Kamu akan melihat struktur isi variabel array $binatang dalam bentuk array berindeks nomor. Cobalah untuk mengganti nomor indeks pada variabel $binatang menjadi indeks string sehingga nilai array herbivora berindeks 'herbivora', begitu juga dengan nilai array karnivora dan omnivora.

<?php

$herbivora = array('kambing', 'sapi', 'kuda');
$karnivora = array('harimau', 'serigala', 'anjing');
$omnivora = array('ayam', 'monyet', 'beruang');

$binatang = array($herbivora, $karnivora, $omnivora);

print_r($binatang);


Hasilnya:
Array ( [0] => Array ( [0] => kambing [1] => sapi [2] => kuda ) [1] => Array ( [0] => harimau [1] => serigala [2] => anjing ) [2] => Array ( [0] => ayam [1] => monyet [2] => beruang ) )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar Array Multidimensi di PHP"

Posting Komentar