Tutorial Belajar Apa itu HTML?


Setiap website yang ada di dunia ini dibangun menggunakan bahasa yang dinamakan HTML. HTML menjadi sebuah kerangka membentuk struktur sebuah halaman website.
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML mendeskripsikan struktur halaman sebuah website. Sebuah halaman HTML dibangun oleh blok-blok konten yang disebut elemen HTML.
Dokumen HTML ditampilkan oleh aplikasi yang dinamakan browser. Browser tidak akan menampilkan kode HTML, tetapi menggunakan kode HTML untuk menentukan bagaimana konten dokumen tersebut seharusnya ditampilkan.
Sejak pertama kali web ditemukan, sudah muncul dan berkembang versi dari HTML, yakni bermula dari versi 1 di tahun 1991. Kemudian HTML 2.0 lahir pada tahun 1995 dan HTML 3.2 pada tahun 1997. HTML 4.01 muncul pada tahun 1999 dan disempurnakan dengan XHTML pada tahun 2000. Versi terakhir HTML adalah HTML5 yang diperkenalkan pada tahun 2014 dan digunakan hingga saat ini.

PRAKTEK

  • Pada editor di sebelah kanan terdapat contoh struktur HTML minimal. Di sebelah kanan editor terdapat kolom output untuk menampilkan hasil rendering dari kode yang ada di editor. Klik tombol "Jalankan" di bawah editor untuk menampilkan hasil render kode ke kolom output.
  • Klik tombol "Saya Sudah Paham" untuk melanjutkan ke materi selanjutnya.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
<h1>Ini Judul Konten</h1>
<p>Ini paragraf konten.</p>
</body>
</html>
Hasilnya:
Ini Judul Konten
Ini paragraf konten. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Belajar Apa itu HTML?"

Posting Komentar